Ketahui Cara Mencegah Dan Mengatasi Kutu Rambut

Diposting pada

Kutu rambut adalah binatang kecil penghisap darah yang ada di kepala  manusia. Biasanya pada usia anak-anak lah yang sering terkena kutu rambut, terutama pada anak perempuan di usia 7-12 tahun. Hal ini sangat membuat kita merasa tidak nyaman, karena sudah pasti ini menjadikan kita ingin terus menggaruk kepala jika kita mempunyai kutu rambut. Adakah di antara anda yang pernah mengalaminya?

Kutu melekat pada rambut sehingga ada tetap di kulit kepala yang merupakan tempat mereka memperoleh makanan. Kutu telur menetas setidaknya 7 hingga 10 hari. Kutu rambut menyebar dengan cepat di kepala melalui sentuhan dengan rambut orang lain yang bermasalah, yang juga memiliki kutu. Kutu juga dapat melompat ke kepala melalui sisir, topi, bantal dan handuk.

Mecegah penyebaran kutu rambut adalah hal yang sulit. Meskipun demikian, di sini Mama Pintar mempunyai tips mencegah kutu rambut yang bisa kita terapkan ke diri sendiri, anak-anak, atau keluarga kita, antara lain :

  1. Menghindari penggunaan sisir bersamaan dengan orang lain yang diduga memiliki kutu rambut.
  2. Menghindari kontak langsung kepala dengan kepala dengan orang yang memiliki kutu rambut.
  3. Hindari penggunaan bantal dan handuk secara bersamaan agar tidak tertular atau menulari kutu rambut.
  4. Selalu membersihkan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit sebagai penanganan dini sebelum menyebar pada orang lain.

Tetapi, jika kutu rambut sudah merebak ke kepala dan sangat membuat kita tidak nyaman, hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut

  1. Gunakanlah shampoo khusus kutu yang kita beli di apotek untuk membunuh kutu rambut.
  2. Cucilah rambut seperti biasa. Usapkan shampoo pada kulit kepala dan rambut. Lalu bilas hingga bersih. Keringkan rambut dengan handuk bersih, dan biarkan sampai kering.
  3. Gunakan sisir rambut yang bergigi lembut atau serit khusus untuk kutu.
  4. Bertemulah dengan dokter apabila terdapat tanda infeksi bakteri seperti demam serta bisul di kepala atau nanah.
  5. Janganlah terlalu sering menggaruk kulit kepala karena dapat menyebabkan kulit kepala merah bahkan luka.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan share ke keluarga dan teman anda.

Bagikan ini :