Khasiat Ampuh dan Cara Pengolahan Telang Ungu

Diposting pada

Telang Ungu, Butterfly Pea (Clitoria ternatea L.) adalah Tumbuhan merambat, menjalar dengan bantuan media lain yang berada didekatnya dengan mencapai panjang atau ketinggian hingga 6 meter. Bunga berwarna biru dan juga bentuknya bulat telur dengan lebar sekitar 2-3 cm. Tanaman ini dapat ditemukan di daratan Asia dan menyebar ke Negara lain yang masih mempunyai iklim topis

     Nama daerah untuk tanaman ini adalah Bunga Biru (Melayu), Kembang Telang (Sunda), Kembang Teleng (Jawa), Temen Raleng (Bugis). Adapun bagian tanaman yang dapat dijadikan obat adalah Akar, daun dan bunga. Telang Ungu memiliki kandungan kimia Antosianin, arabinose, flavonoid, asam linoleat, oleic, palmitic dan asam stearat.

Khasiat dan cara pengolahannya:

Mengobati sakit mata

Bunga Kembang telang sebanyak 3-5 kuntum direndam di dalam air panas, biarkan air sampai berwarna biru. Gunakan air rendaman sebagai obat cuci mata.

Mengobati sakit telinga

Daun Kembang telang sebanyak 5 lembar yang sudah dicuci bersih dilumatkan, tambahkan sedikit air hangat lalu peras airnya, tambahkan garam, dalam keadaan hangat cairan tadi diteteskan pada telinga yang sakit.

Mengobati bisul dan jerawat

Daun, akar atau bunga sebanyak 3 buah dihaluskan dan kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin diobati

Sebagai pewarna makanan alami

Air perasan dari bunga telang dan dicampurkan pada makanan yang ingin diwarnai.

Bagikan ini :