Khasiat Ampuh Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Kumis Kucing, Java Tea (Orthosiphon stamineus Benth.) adalah Tumbuhan terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tinggi mencapai 2 meter. Helai daun berbentuk bundar atau lonjong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang. Helai bunga tumpul dan berbentuk bundar. Nama Lain tumbuhan ini adalah Kumis kucing (Melayu-Sumatera dan Sunda), Remujung (Jawa), Songkot koceng (Madura).

Tanaman ini dapat ditemukan di lahan-lahan pertanian, untuk produksi sebaiknya dipilih tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humus/ bahan organik dengan tata air dan udara yang baik. Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari 3.000 mm/ tahun. Dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi. Naungan akan menurunkan kadar ekstrak daun. Keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah panas sampai sedang.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati penyakit saluran air kencing dan batu ginjal

Tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 10 lembar kemudian ditambahkan daun meniran sebanyak 5 lembar. Lalu direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan saring hingga menjadi 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

Mengobati demam

10 buah akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.

Meredakan gejala reumatik

5-7 lembar daun kumis kucing yang dilumatkan hingga menjadi 1 sendok makan, 5 lembar makan daun meniran yang sudah dilumatkan hingga menjadi 1 sendok makan, lalu direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal ¾ . Saring. Lalu diminum.

Mengobati sakit pinggang

7 lembar daun dan 2 buah akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari tanaman yang satu ini. Share untuk berbagi manfaat dengan yang lain jika dirasa bermanfaat.

Bagikan ini :