Khasiat Ampuh Markisa Dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Markisa, Passion Fruit (Passiflora quadrangularis L.) adalah tumbuhan semak, menjalar, dengan panjang ± 10 m. Batangnya berwarna hijau kecokelatan, bersegi empat, lunak, dan halus. Daunnya tunggal, berbentuk lonjong, tersebar dengan panjang sekitar 7-20 cm dan lebar 5-14 cm. Tepi daun rata, ujung runcing, pangkal membulat, pertulangan daun berwarna hijau dan menyirip dengan permukaan licin. Bunga tunggal, bulat dan berkelamin dua. Bunga terletak di ketiak daun dengan tangkai bergerigi, panjang sekitar 3-4 cm, berwarna hijau dengan mahkota dan kelopak lonjong. Buahnya berwarna hijau keputih-putihan dan berbentuk lonjong dengan panjang ± 20 cm, serta diameter ± 15 cm. Biji bulat pipih, panjang ± 0,3 cm dan berwarna putih. Akar tunggang dengan warna putih kotor. Tanaman ini dikenal dengan nama lain Rubis (Palembang), Belewa (Melayu), Markusa (Sunda), Markisah (Jawa).

Markisa dapat ditemukan di hutan dataran rendah hingga dataran tinggi. Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini adalah Daun, batang dan buah mengandung saponin, polifenol. Batang dan buah juga mengandung flavonoida.

Khasiat dan cara pengolahannya

Peluruh air seni dan kencing nanah

Daun segar sebanyak 5-8 lembar, dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air selama 25 menit. Setelah dingin lalu disaring. Hasil saringan dibagi dua dan diminum dua kali, yaitu pada saat pagi dan sore hari.

Sumber antioksidan

Buahnya dikonsumsi.

Mencegah kerutan pada Wajah

Siapkan biji Markisa, pisahkan antara biji dan air, serta lapisan lender dari sari buahnya. Lalu haluskan bijinya. Setelah halus, tambahkan sedikit air, lalu diaduk hingga rata. Oleskan secara merata pada wajah, tunggu 15-20 menit. Bilas dengan air lalu terakhir usapkan es batu yang telah dibungkus oleh handuk. Bersihkan dengan handuk yang kering.

Itulah beberapa manfaat dari Markisa. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat supaya semua orang bisa merasakan manfaatnya.

Bagikan ini :