Khasiat Ampuh Patikan Kebo dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Patikan Kebo, Asthma Herba (Euphorbia hirta L.) adalah Tumbuh merayap dicelah bebatuan atau tumbuh tegak diantara tumbuhan lainnya. Tinggi dapat mencapai 0,5 meter, tetapi yang sering terlihat hanya sekitar 1 jengkal. Batangnya pendek berbuku-buku, daunnya saling berhadapan, berbentuk telur bergerigi halus pada kedua sisinya, dan pada bagian tengahnya terdapat noda berwarna nila. Buah dan bunganya terdapat pada ketiak setiap tangkai daun dan terletak menopang diatas batang.

     Tumbuhan ini dapat ditemukan sampai ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Patikan kebo juga dikenal dengan nama lain Nanangkaan (Sunda), Kukonkukon (Jawa), Sosononga (Maluku). Kandungan kimia yang terdapat pada tanmana ini adalah Alkaloida, tanin, senyawa folifenol (seperti asam gallat), flavonoid quersitrin, santhorhamnin, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat, terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati radang tenggorokan

Daun patikan kerbau sebanyak 10 lembar diseduh dengan air panas secukupnya. Air rebusan disaring dan digunakan untuk berkumur.

Mengobati asma

Segenggam daun yang sudah dikeringkan direbus sampai mendidih. Disaring dan diminum sehari 2 kali, yaitu pada saat pagi dan sore hari. Masing-masing ½ gelas.

Bagikan ini :