Khasiat Ampuh Temu Putih dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Temu Putih, White Tumeric (Curcuma zedoaria (Christ) Rosc.) adalah tumbuhan semak dengan tinggi ± 2 m. Batangnya semu, berbentuk silindris, lunak, dan batang di dalam tanah membentuk rimpang berwana hijau pucat. Daun tunggal, berbentuk lonjong, ujung meruncing dengan pangkal tumpul. Panjang daun sekitar 0,6-1 m dan lebar 10-20 cm. Pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau bergaris ungu, tipis, dan berbulu halus. Bunga majemuk dengan panjang sekitar 7-15 cm, dan berbentuk tabung. Benang sari melekat pada mahkota, mahkota berbentuk lonjong, panjang ± 2 cm, berwarna putih. Buah berbentuk lonjong dan berwarna hijau dengan diameter sekitar 2-4 mm, sedangkan bijinya bulat dan berwarna hitam. Akarnya serabut dan berwarna putih.

   Tumbuhan ini dapat ditemukan di hutan tropis sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Temu Putih dikenal dengan nama Temu Pepet (Jawa), Koneng Tegal (Sunda). Tumbuhan ini memiliki kandungan kimia yaitu Rimpang dan daun mengandung saponin, flavonoid dan polifenol.

Khasiat dan cara pengolahannya

Memperlancar pencernaan

Rimpang Temu putih sebanyak 1 buah dicuci, diparut, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum seluruhnya.

Memperlancar menstruasi/ haid

Cuci bersih rimpang Temu putih 1 ruas sebesar ibu jari, daun pegagan 1 genggam dan daun sendok ½ genggam, lalu rebus semua bahan tesebut hingga mendidih dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Minum 2 kali sehari.

Mencegah dan mengobati kista rahim

1 ruas rimpang Temu putih dikupas lalu cuci bersih dan dimakan sebagai lalapan. Makan 2 kali sehari.

Bagikan ini :