Meski Dengan Bentuknya Yang Mungil, Ternyata Buah Matoa Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Diposting pada

Sudah pernahkah Moms mendengar tentang buah matoa? Mungkin sebagian besar dari kita merasa asing dengan jenis buah yang satu ini. Padahal, pohon matoa termasuk salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman yang tingginya dapat mencapai delapan belas meter ini banyak ditemukan di daerah Papua.

Uniknya, rasa buah matoa seperti campuran dari beberapa buah kelengkeng, rambutan dan durian. Penasaran apa saja manfaat buah matoa? Yuk simak penjelasannya di sini.

Manfaat Buah Matoa

  • Bantu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Salah satu alasan kenapa Moms harus mencoba makan buah matoa adalah kandungan gizi yang dimiliki buah ini cukup tinggi. Buah matoa kaya akan vitamin C dan E, yang diandalkan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin E dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria. Dalam buah berkonsistensi kenyal ini terkandung pula beberapa mineral seperti kalsium dan kalium.

  • Bantu menangkal penyakit kronis

Manfaat buah matoa lainnya adalah menangkal penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Mengapa buah ini bisa bantu mencegah serangan penyakit kronis? Buah matoa ternyata juga kaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan adalah penangkal utama radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan banyak sel-sel rusak, hingga menyebabkan penyakit kronis, bahkan kanker. Meskipun begitu, manfaat matoa yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Pasalnya, para ahli belum mengetahui seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi supaya radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh.

  • Manjur untuk melawan kuman penyakit

Yuk makan buah matoa jika ingin terhindar dari penyakit infeksi. Pasalnya, manfaat matoa yang satu ini mampu mencegah kuman penyakit masuk dan tumbuh di dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat, membuktikan bahwa buah matoa berhasil menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah matoa menjadi sumber bahan alami untuk pembuatan antibiotik.

  • Bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat buah matoa yang lainnya adalah mampu bantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Bahkan tak hanya daging buahnya saja, ekstrak biji dan daunnya juga terbukti bisa bantu menurunkan darah tinggi. Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak, tekanan darah akan otomatis meningkat. Jadi, jika kadar cairan kembali normal bisa membuat tekanan darah turun. Sebuah penelitian dari Bandung menyebutkan bahwa pada dosis 100 miligram per kilogram berat badan, ekstrak matoa ini dapat membuang air dan garam melalui urin sehingga tekanan darah seseorang bisa turun.

 

Sumber : hellosehat.com

Bagikan ini :