Mulai Dari Bikin Awet Muda Hingga Kurangi Risiko Kanker, Ini Khasiat Super Minum Jus Daun Pepaya

Diposting pada

Bagi Moms penikmat kuliner, mungkin sebagian akan enggan mengonsumsi daun pepaya disebabkan rasanya yang pahit. Padahal, dibalik rasanya yang pahit daun pepaya kaya akan manfaat karena enzim dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dalam daun pepaya terdapat kalsium 7%, zat besi5%, magnesium 3%, papain 3,3%, fitonutrien 7%, vitamin A 6%, vitamin C 8%, vitaminE 4%, dan vitamin K 4%. Menurut buku Healing Foods yang diterbitkan oleh DK Publishing House, terungkap bahwa pepaya memiliki sifat penangkal bakteri dan bisa menjaga sistem tubuh dengan baik.

Terlepas dari pencernaan,senyawa alkaloid yang kuat seperti karpain didalamnya bekerja efektif melawan ketombe dan kebotakan yang kerap dialami seseorang. Jangan musuhi rasanya yang pahit ya Moms, berikut ini deretan manfaat yang akan dirasakan tubuh jika rutin mengonsumsi jus daun pepaya:

1. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah sangat menurunkan jumlah trombosit darah dan ekstrak dari daun pepaya dikenal dapat meningkatkannya. Penelitian telah membuktikan bahwa jus daun pepaya memberikan kontribusi signifikan dalam produksi dan meningkatkan jumlah trombosit.

2. Mengobati Malaria

Senyawa yang ditemukan dalam daun pepaya yakni acetogenin dapat membantu mencegah penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah.

3. Meningkatkan Kesehatan Organ Hati

Sama seperti pepaya, jus daun pepaya juga bertindak sebagai agen pembersih untuk hati, sehingga menyembuhkan banyak penyakit hati kronis dan sirosis hati.

4. Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Daun pepaya juga kaya akan protease dan amilase. Enzim-enzim ini membantu memecah protein, karbohidrat dan mineral sehingga dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Sifat anti-peradangannya yang tinggi juga mengurangi peradangan lambung dan usus besar.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jus daun pepaya dapat menjadi minuman baik bagi penderita diabetes karena kandungan insulinnya. Dalam kebanyakan kasus, diabetes kerap dikaitkan dengan kerusakan ginjal dan hatiyang akibatnya fatal. Sebagai langkah pencegahan, Moms dapat mengonsumsi daun pepaya dan mengolahnya menjadi jus untuk menghindari komplikasi diabetes yang berbahaya. Hal ini disebabkan, dalam daun pepaya terkandung enzim yang dapat mengatur produksi insulin dan mempertahankan tingkat gula dalam aliran darah. Antioksidan dalam daun pepaya juga berfungsi mencegah organ vital tubuh dari efek buruk diabetes.

6. Mengatasi Kram Menyiksa Saat Haid

Saat sedang dalam periode menstruasi, Moms pasti setuju bahwa sakit perut dan kram menjadi hal yang menyiksa dan mengganggu aktivitas. Tak hanya meminimalkan rasa sakit, ekstrak daun pepaya juga memiliki efek menyembuhkan dan efektif untuk menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi. Cara membuat ramuannya mudah, cukup menyediakan selembar daun pepaya, sejumput garam dan asam. Campurkan semua bahan ini dalam segelas air kemudian rebus hingga mendidih, dan minumlah saat Moms sedang merasakan kram menstruasi yang parah.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Ekstrak dari daun pepaya memiliki sifat anti kanker yang hebat terutama karena senyawa acetogeninnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology , enzim yang terkandung dalam daun pepaya dapat melawan kanker hati, paru-paru, pankreas dan kanker payudara. Sifat anti-inflamasi daun pepaya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan efek samping kemoterapi.

8. Membuat Wajah Awet Muda

Bukan hanya produk anti aging mahal, daun pepaya dapat menjadi pilihan terbaik untuk melindungi kulit dari kerusakan dan membuat kulit tampak lebih muda. Kandungan antioksidan dalam daun pepaya tak sekadar menangkal bahaya radikal bebas, namun juga ampuh memperbaiki sel kulit yang rusak seiring bertambahnya usia. Sel yang rusak ini jika dibiarkan akan menimbulkan tanda penuaan seperti kerutan, garis halus dan elastisitas kulit berkurang.

Jika Moms masih ragu karena rasa daun pepaya yang memang pahit, jus ini dapat dicampur dengan kelapa atau sedikit madu untuk meminimalkan kepahitannya. Nah Moms, masih ragu meminum jus daun pepaya?

Source: nakita.grid.id

Bagikan ini :