Sudahkah Anda Memiliki Cuka Apel di Rumah?

Diposting pada

Selain VCO yang telah kita bahas di artikel sebelumnya, Mama Pintar sangat menganjurkan juga, supaya mommies¬† selalu sedia Cuka Apel di rumah. Apa itu cuka apel ? cuka apel adalah cuka yang dibuat dari apel yang telah difermentasikan. Cuka apel diyakini sebagai cuka buah yang memiliki manfaat dan fungsi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Cuka apel bisa kita dapatkan di supermarket, apotek, bahkan kita bisa membuatnya sendiri di rumah loh …

Berikut ini cara membuat cuka apel rumahan

  • Siapkan beberapa buah apel merah yang segar, lalu cuci buah apel dengan air bersih dan keringkan
  • Setelah kering, potong buah apel dan kupas tanpa membuang kulit dan bijinya. Setelah itu simpan pada wadah kaca . Ini bertujuan Supaya tidak terjadi reaksi pada apel
  • Tutuplah dengan kain yang berbahan katun
  • Setelah ditutup, simpanlah wadah tersebut di tempat yg terlindung dari paparan sinar matahari selama satu minggu
  • Setelah satu minggu, cuka apel siap digunakan.

Banyak manfaat yang dapat kita jumpai pada cuka apel

  1. Untuk Perawatan Kulit Wajah

Caranya yaitu mencampurkan cuka apel dengan air, dengan perbandingan antar cuka dan air adalah 1:2, cuka ini digunakan sebagai toner untuk wajah. Yaitu dengan mengaplikasikannnya menggunakan kapas pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Cara ini dapat membuat kulit wajah tampak bersih, lembut dan dapat mencegah timbulnya jerawat.

  1. Dapat Mengobati Maag

Siapa di sini yang memiliki keluhan maag? Cobalah untuk rutin mengkonsumsi 1 sendok makan cuka apel saat pagi hari sebelum sarapan. Cuka aple mengandung sifat asam dan antimikroba yang bisa mengobati masalah usus tertentu yang menyebabkan turunnya fungsi asam dalam lambung.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Cuka apel juga bermanfaat dalam penyembuhan luka dan dapat mengurangi rasa gatal pada luka. Caranya, bersihkan terlebih dahulu luka dengan air hangat, lalu oleskan cuka apel pada bagian yang terdapat luka, secara perlahan dengan menggunakan kapas. Diamkanlah hingga kering dan lakukan ini 2 kali sehari.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaaan

Caranya cukup sederhana, campur 1 sendok teh cuka apel dan 1 sendok teh madu murni dengan segelas air hangat. Lalu minum secara rutin dan teratur, yaitu 30 menit sebelum makan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani diet, cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi cuka apel dapat mengontrol nafsu makan anda dengan baik, sehingga perut tidak akan mudah merasa lapar.

Semoga bermanfaat.

Bagikan ini :